Rabu, 30 Juni 2010

Instant Messenger – Aplikasi Chatting

Mungkin setiap orang mengakui bahwa email merupakan bentuk komunikasi yang cepat, namun kadang-kadang email masih belum cukup, dimana kita tidak mengetahui apakah orang yang dikirimi email sedang online atau tidak pada saat yang bersamaan. dan juga untuk membalas atau meneruskan email kepada orang lain diperlukan beberapa langkah yang dinilai kurang effisien.

Untuk itu pilihan lain yang sangat populer saat ini sebagai alternatif untuk berkomunikasi lebih cepat yaitu Instant Messenger (IM) atau biasa disebut dengan Aktivitas Chatting

Dengan Instant Messenger :

* Kita dapat memasukkan daftar teman-teman atau orang-orang yang sering berinteraksi dalam daftar kontak.
* Pesan dapat dikirim setiap saat kepada siapapun yang masuk daftar kontak, baik mereka sedang online maupun offline.
* Apabila dalam keadaan online, penerima dapat langsung membaca dan membalas pesan kita.

Sebagian besar sofware Instant Messenger (IM) terdiri dari dua komponen :

* Software Server
* Software Client

Sebagian program Instant Messenger ini dapat dilakukan melalui Web Browser (Web Based), tetapi banyak juga yang membutuhkan instalasi terlebih dahulu software client IM kedalam komputer.

Beberapa aplikasi messenger yang cukup populer adalah : MSN Messenger, AIM, Yahoo Messenger (YM), GTalk dll masih banyak (mungkin mencapai ratusan) aplikasi client messenger yang dapat digunakan untuk ber chatting ria, bahkan dapat digunakan dengan multi account seperti juga aplikasi email client.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali, kita hanya perlu men- download aplikasi tersebut dan setelah menginstal, masukkan alamat teman-teman (berupa alamat email sebagai identitas didunia maya) yang akan kita ajak berkomunikasi.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah, biasanya beberapa aplikasi client messenger yang populer, hanya mengijinkan penggunaan komunikasi dengan menggunakan identitas atau email dari mereka sendiri seperti misalnya untuk menggunakan Yahoo Messenger, pengguna harus memiliki ID Yahoo, begitu pula GTalk harus memiliki ID Google (GMail)

Meskipun memiliki keunggulan lebih cepat dan sebagai alternatif dalam berkomunikasi, namun IM memiliki kelemahan yaitu tidak tersimpannya data di server, dan hanya menyimpan data teks saja dalam log komputer lokal.
Sehingga untuk pengiriman data-data, seperti misalnya dokumen, gambar, musik dll, pengiriman melalui IM ini rentan mengalami kegagalan. Gangguan koneksi akan semakin besar apabila berinteraksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simultan atau lalu lintas data dalam keadaan sibuk. Dengan kata lain memang sebaiknya Instan Messenger ini hanya digunakan sebagai alternatif komunikasi cepat dan apabila ingin mengirimkan data penting sebaiknya menggunakan email. (Agar dapat berbagi file besar dengan Yahoo Messenger, baca disini)

Perkembangan Instant Messenger : Mobile Chatting
Sejak hadirnya teknologi akses internet di ponsel (GPRS, EDGE, 3G), Chatting yang biasanya hanya dilakukan di komputer, saat ini penggunaannya lebih populer dengan menggunakan ponsel (HP).
Peningkatan penggunaan handphone (ponsel) sebagai alat komunikasi chatting yang semakin berkembang, membuat semakin banyak pula aplikasi messenger yang dibuat, bahkan aplikasi tersebut saat ini dikhususkan untuk penggunaan pada handphone dan saat ini pada beberapa pengguna tidak hanya menggunakan satu client messenger saja, bahkan meng-instal sampai lima client sekaligus agar dapat berkomunikasi dengan komunitasnya.

Beberapa aplikasi Chatting yang dikhususkan untuk penggunaan di ponsel (HP) seperti :
AgileMessenger, e-buddy , bing, mig33, morange, sHMessenger , Slick , YehBa , Nimbuzz , Talkonaut ,Y!M Tiny , Fring, IM+ dan mungkin masih banyak lagi yang tidak saya ketahui.

Penggunaan aplikasi sangat mudah, dapat melakukan download dari komputer lalu menginstal ke ponsel, atau dapat juga melakukan download langsung dari ponsel.

Selamat Ber-Chatting Ria

0 komentar:

Posting Komentar

© Daftar Alamat Situs Internet Yang Anda Butuhkan 2011

Blog Template By Nano Yulianto | Page Nav By Abu Farhan